[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]
DAFTAR ISI
1. Prosedur
2. Hardware dan Diagram Blok
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja
4. Flowchart dan Listing Program
5. Video Demo
6. Kondisi
7. Download File
1. Prosedur [kembali]
- Buatlah rangkaian sesuai dengan kondisi yang telah dipilih
- Buat Program pada software Arduino IDE
- Masukkan program yang telah dibuat pada software Arduino IDE sebagai library Arduino
- Jalankan rangkaian, sesuai dengan kondisi yang diinginkan
- Lihat output pada layar LCD dengan menekan keypad
2. Hardware dan Diagram Blok [kembali]
a. Hardware
b. Diagram Blok
3. Rangkaian Simulasi dan Prinsip Kerja [kembali]
a. Rangkaian Simulasi
menggunakan keyboard sebagai input dan layar LCD sebagai output.
Selain itu juga menggunakan 2 modul, pertama Arduino master sebagai pemberi perintah dan Arduino Slave sebagai penerima/pelaksana perintah.
Master Arduino terhubung ke input sebagai keyboard dan Arduino Slave terhubung ke output sebagai keyboard.
Pada percobaan ini digunakan komunikasi UART yang ditandai dengan pin Tx dari Arduino master terhubung ke pin Rx dari Arduino Slave dan pin Rx dari Arduino master terhubung ke pin Tx dari Arduino Slave.
Sesuai dengan input program pada Arduino Ide, LCD akan menampilkan angka-angka yang sesuai dengan kondisi input pada keyboard.
Jadi jika kita menekan tombol angka 1 pada keyboard, maka layar LCD akan menampilkan angka 1 .
4. Flowchart dan Listing Program [kembali]
a. Flowchart
b. Listing Program
Arduino Master
// MASTER
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'},
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {7, 6, 5, 4};
byte colPins[COLS] = {8, 9 , 10};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
Serial.begin(9600);
}
void loop()
{
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey)
{
Serial.write(customKey);
}
delay(20);
}
Arduino Slave
//SLAVE
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
char message;
void setup()
{
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop()
{
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
if (Serial.available())
{
message = Serial.read();
if (message)
{
lcd.print(message);
}
}
}
5. Video Demo [kembali]
6. Kondisi [kembali]
Layar LCD akan menampilkan kondisi yang telah diinputkan pada keypad
7. Download File [kembali]
Download HTML klik disini
Download Program Arduino Master klik disini
Download Program Arduino Slave klik disini
Download Video Demo klik disini
Download Gambar Hardware klik disini
Download Gambar Simulasi klik disini
Download Datasheet Arduino klik disini
Download Datasheet Keypad klik disini
Download Datasheet LCD klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar